Beli tempat tinggal mungkin saja adalah satu diantara pembelian paling besar dalam kehidupan Anda. Serta penentuan tempat maupun lingkungan rumah juga mungkin saja adalah satu diantara pengambilan ketentuan terutama dalam kehidupan Anda.  Ya, beli tempat tinggal memanglah bukan sebatas bergelut dengan segi finansial saja, hal-hal lain yg tidak kalah utamanya yakni bagaimana pilih lingkungan perumahan yang pas untuk Anda, untuk keluarga Anda.

     Satu diantara langkah untuk tahu mungkin saja dapat dengan berkeliling di ruang sekitar lingkungan perumahan, terlibat percakapan dengan warga sekitaran, hingga Anda bakal memperoleh deskripsi bagaimana kondisi rumah Anda kelak.  Serta dengan cara detil, simak panduan yang bisa menolong Anda memperoleh lingkungan tempat ttinggal yang nyaman, seperti di bawah ini :

  1. Siapa yang tinggal di perumahan itu?  Type tetangga seperti apakah penghuni di perumahan itu? Apakah keluarga dengan anak-anak yang masihlah kecil atau anak-anaknya telah beranja remaja? Keluarga pensiunan? Masihlah lajang atau telah menikah?  Bila Anda telah mempunyai anak, jadi cermati apakah di lingkungan itu ada rekan sebaya yang dapat di ajak bermain berbarengan anak Anda. Hal semacam ini baik untuk anak Anda untuk belajar bersosialisasi.
  2. Bagaimana perawatan tempat tinggal di lingkungan itu?  Cermati bagaimana lingkungan tempat tinggal itu tampak keseluruhannya. Jalan kakilah di sekitaran ruang tempat tinggal serta saksikan bagaimana kondisi tempat tinggal lain.  Apakah rumput di beberapa tempat tinggal itu tercukur dengan rapi? Apakah jalanan yang dilewati mobil cukup bersih? Apakah beberapa tempat tinggal itu masih tetap dalam bentuk fisik yang cukup baik atau telah rapuh?
  3. Nada bising di lingkungan perumahan. Pada saat jalan kaki di ruang perumahan, cermati bagaimana situasi lingkungan itu. Apakah nada gonggongan anjing, anak-anak yang bermain, nada kereta api atau mobil di jalanan cukup terdengar dari tempat tinggal?  Apabila ketenangan adalah hal yang utama untuk Anda, cermati beberapa nada di sekitaran tempat tinggal dengan cermat. Jangan pernah Anda salah memilh tempat rumah seperti dekat dengan sekolah atau pasar.
  4. Bau di sekitaran tempat tinggal. Walau terdengar konyol, namun bau yang ada di sekitaran tempat tinggal dapat jadi tanda-tanda utama dalam pilih satu tempat tinggal. Apakah tempat tempat tinggal dekat dengan pabrik atau mungkin saja tempatnya dekat dengan peternakan ayam.  Beberapa hal ini bisa mengganggu kesibukan keseharian, tetapi mungkin saja juga tak ap apabila terlebih dulu Anda memanglah telah punya kebiasaan dengan bau-bau itu.
  5. Sekolah. Bila Anda mempunyai anak (atau mungkin saja baru merencanakan), apakah lebih pilih tempat tempat tinggal yang dekat dengan sekolahan incaran? Untuk umumnya orangtua, sekolah jadi bahan pertimbangan paling utama saat beli satu tempat tinggal.
  6. Kesepakatan dengan pengembang. Anda dapat bertanya pada tetangga di sekitaran tempat tinggal apakah pengembang memiliki komitmen dalam melindungi kondisi lingkungan perumahan. Dari mulai system keamanan, estetika lingkungan perumahan seperti jalan paling utama, rumput taman, sampai sarana pemasangan air serta listrik.  Umumnya saat beli pengembang bakal menjabarkannya, serta penghuni perumahan sendiri bakal ditarik iuran bulanan untuk penuhi keperluan ini.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s