Apakah bel dirumah Anda tengah punya masalah? Bila belnya tidak berhenti berdengung atau terus-menerus berbunyi, mungkin saja itu lantaran tombolnya tersangkut serta dalam posisi tersambung dengan kabelnya.  Apabila hal semacam ini selalu berlangsung dalam periode waktu yang lama, jadi elektromagnetnya bakal terbakar hingga belnya jadi tak berperan. Bila memanglah keadaannya seperti ini, jadi Anda mesti selekasnya melepas tombolnya dari kabel, memperbaikinya, atau ganti tombolnya. Bila tak, belnya bakal aus sehinggga Anda mesti beli yang baru.  Ya, meskipun berkesan remeh, kenyataannya bel mempunyai manfaat yang begitu utama untuk tempat tinggal Anda. Bel yang rusak pastinya bakal mengganggu kenyamanan Anda. Ini tips untuk melakukan perbaikan bel lewat cara yang gampang.  Belnya berdengung namun tak berdering Bila belnya tak berdering, namun keluarkan nada berdengung saat tombolnya ditekan :

  • Check belnya.

Yakinkan kabelnya tersambung pada terminal di unit bel. Bila perlu, bersihkan sambungannya dengan amplas halus atau pembersih sambungan listrik.

  • Check pistonnya.

     Mungkin saja lantaran telah usang jadi macet. Terlebih bila Anda pernah coba memberikannya minyak (hal yang semestinya tak Anda kerjakan). Bila hal semacam ini berlangsung, ubah elektromagnetik (komponen pistonnya), atau ubah semua unit belnya.

  • Check kabelnya.

     Cari kabel yang putus. Bila Anda menemukannya, kupas pembungkusnya dari ujung kabelnya serta hubungkan dengan kabel yang sesuai sama. Saat Anda menghimpit tombol bel tetapi Anda tak mendengar nada bel, dengungan, atau bahkan juga bunyi click, itu artinya kalau arus listriknya tak tersambung dengan systemnya.

  • Check pemutus sirkuitnya.
  • Check trafonya, mungkin saja terbakar.

     Matikan aliran listrik yang ke sirkuitnya sebelumnya mengecek trafo.  Yakinkan semuanya kabel tersambung serta aman untuk trafo, bel, serta tombolnya.  Terlepas serta check tombolnya.  Karena tombol yaitu sisi paling utama yang bergerak pada systemnya, jadi kemungkinan besar condong jadi komponen yang paling mungkin saja untuk rusak. Untuk memeriksanya, bebaskan sekrup yang melekat pada tombol serta dengan perlahan-lahan tarik tombolnya keluar.  Yakinkan dua kabelnya tersambung dengan aman ke terminal sekrupnya. Lalu tempelkan obeng pada ke-2 terminalnya (atau singkirkan dua kabelnya serta sentuh mereka dengan cara berbarengan).  Bila benyal berbunyi, jadi Anda mujur ; ini begitu gampang serta perbaikannya juga murah. Bebaskan kabelnya, serta bersihkan karat pada ruang tombol serta ujung kabelnya dengan amplas halus atau pembersih sambungan listrik.  Hubungkan kembali kabelnya. Bila tombolnya masihlah tak berperan, cabut serta ubah saja tombolnya (ada di beberapa toko piranti rumahtangga).
Tes tombol ini bakal bekerja bila rangkaian listriknya berperan. Bila tombolnya rusak serta ada permasalahan penambahan, jadi akan tidak bekerja.  Bila tes tombol simpel tidak berhasil membunyikan belnya, Anda bisa meyakinkan rusaknya tombolnya dengan lakukan tes kelanjutan memakai ohmmeter.  Tahan satu diantara alat pengukur meteran pada tiap-tiap sambungan pada tombolnya, serta lalu tekan serta bebaskan tombolnya. Jarum meterannya mesti bergerak ke atas saat tombolnya ditekan serta turun saat dilepaskan. Bila tak jadi tombolnya mesti ditukar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s